Usaha Ayam Broiler Secara Mandiri

Seseorang yang telah memiliki keahlian dalam bidang peternakan terutama ternak ayam broiler tidak perlu ragu dalam memulai usaha mandiri. Seperti yang kita ketahui bahwa usaha mandiri adalah usaha yang dikelola secara mandiri. Dengan demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola usaha ayam broiler secara mandiri yakni sebagai berikut.

Memiliki Modal

Sebelum menjalankan usaha ayam broiler, peternak harus memiliki modal terlebih dahulu. Modal ini dapat digunakan untuk biaya operasional, biaya pembuatan kandang dan biaya lain. Modal yang diperlukan pun cukup besar sehingga peternak harus menyiapkan terlebih dahulu. Jangan sampai usaha berhenti ditengah jalan akibat kekurangan modal atau tidak ada persiapan sejak awal.

Memiliki Keterampilan Beternak

Keterampilan beternak perlu dimiliki oleh para peternak yang akan menjalankan usahanya secara mandiri. Pasalnya, baik buruknya pengelolaan ternak ayam bergantung pada peternak sendiri. Dengan demikian,  yang menjadi taruhan adalah modal yang dikeluarkan. Selain itu, apabila peternak menguasai keterampilan beternak maka akan meminimalisir kecurangan yang dapat dilakukan oleh pekerja kandang.

Melakukan pemasaran

Hal yang tak kalah penting adalah melakukan pemasaran. Peternak dapat melakukan pemasaran setelah masa panen berlangsung. Pemasaran ini dapat dilakukan dengan melakukan distribusi ke pengepul ayam. Selain itu, peternak juga dapat melakukan pemasaran secara pribadi. Hal ini dilakukan dengan menjual hasil panen ayam ke titik lokasi yang strategis agar masyarakat dapat mengetahui dan menjangkaunya.

Memiliki Jaringan Bisnis

Jaringan sebuah usaha memang penting dilakukan dari mulai produksi hingga memasarkan. Peternak dapat memperkuat jaringan bisnis seperti bekerjasama dengan pengepul ayam. Memiliki jaringan bisnis tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi para peternak terutama dalam proses produksi dan pemasaran ayam broiler. Jangan sampai saat usaha telah dijalankan tetapi tidak mengetahui kemana akan memasarkan.

Demikian beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum melakukan usaha ternak ayam broiler secara mandiri. Hal ini dapat dilakukan para peternak yang akan memulai usahanya agar lebih matang dalam melakukan persiapan. Dengan demikian, usaha akan lebih lancar dan pengelolaan akan maksimal.

Bisnis

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*